Link Sponsor

Sunday, March 8, 2009

ASAM HUMAT (HUMIC ACID)

Sumber bahan organik alami dalam tanah subur berasal dari substansi humus (humic substances) yang biasanya terakumulasi pada bagian lapisan atas tanah (top soil). Zat aktif atau kandungan utama dalam humus yang berperan terhadap kesuburan tanah adalah senyawa Asam Humat (Humic Acid) dan Asam Fulvat (Fulvic Acid). Senyawa-senyawa tersebut merupakan zat organik yang stabil dan merupakan hasil akhir dari proses dekomposisi bahan organik. Asam humat dan asam fulvat berbeda dengan zat organik yang terkandung dalam bahan organik lain seperti kompos dan pupuk kandang yang umumnya berupa zat organik yang mudah terurai oleh mikroba tanah dan akhirnya akan habis. Kandungan asam humat dalam humus umumnya lebih tinggi dari pada asam fulvat. Oleh karena itu komponen utama humus seringkali disebut hanya asam humat saja, walaupun sebenarnya mengandung asam fulvat juga.

Asam humat adalah zat organik yang memiliki struktur molekul kompleks dengan berat molekul tinggi (makromolekul) atau dapat disebut sebagai polimer organik yang mengandung gugus aktif. Di alam, asam humat terbentuk melalui proses fisika, kimia, dan biologi dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan maupun hewan, yang disebut proses humifikasi. Oleh karena struktur asam humat terdiri dari campuran senyawa organik alifatik dan aromatik (diantaranya ditunjukkan dengan adanya gugus aktif asam karboksilat dan quinoid), maka asam humat memiliki kemampuan untuk menstimulasi dan mengaktifkan proses biologi dan fisiologi pada organisme hidup dalam tanah.

Beberapa sifat penting lain dari asam humat yang berhubungan dengan perannya dalam memperbaiki kondisi tanah dan pertumbuhan tanaman adalah Kapasitas Tukar Kation (Cation Exchange Capacity) yang tinggi, memiliki kemampuan mengikat air (Water Holding Capacity) yang besar, sebagai zat pengompleks (Chelating/Complexing Agent), dan kemampuan untuk mengikat (fiksasi) polutan dalam tanah.

Dari keunggulan sifat-sifat yang dimilikinya, berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan asam humat :

- Meningkatkan masukan (uptake) nutrient melalui konversi hara menjadi bentuk tersedia dan meningkatkan permeabilitas membran tanaman.
- Mengikat dan mengatur pelepasan hara (slow release) sesuai kebutuhan tanaman sehingga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan pupuk dan mengurangi kehilangan hara karena terlarut atau menguap.
- Merangsang pertumbuhan tanaman dan mempercepat pertumbuhan akar atau tunas muda sehingga tanaman lebih cepat tumbuh serta menambah hasil dan kualitas tanaman.
- Memperbaiki struktur tanah secara fisika maupun kimia (kegemburan, pH, pengikatan air, sifat koloid, katalis organik, dsb.) sehinga mampu menopang pertumbuhan tanaman dengan baik dan tanaman tidak mudah stress.
- Menstimulasi peningkatan aktivitas mikrobiologi tanah yang menguntungkan bagi pertumbuhan akar tanaman.
- Dan lain-lain.

HUMIKA – SC87


HUMIKA-SC87 adalah produk Asam Humat berupa konsentrat tinggi dari garam asam humat, berbentuk padatan, dan mudah larut dalam air (100% water soluble).

Fungsi utama HUMIKA-SC87 adalah sebagai perangsang pertumbuhan tanaman (Plant Growth Stimulant) dan kondisioner tanah (Soil Conditioner). Sampai tingkat tertentu, HUMIKA-SC87 dapat berfungsi sebagai pupuk organik (Organic Fertilizer) karena mengandung berbagai unsur hara makro maupun mikro yang dibutuhkan tanaman. Bila dicampur dengan pupuk tunggal atau majemuk, HUMIKA-SC87 dapat meningkatkan efektivitas pupuk.

HUMIKA-SC87 dapat diaplikasikan dengan berbagai macam cara seperti dicampur dengan tanah (soil treatment), perendaman benih, sebagai pupuk semprot (foliar), atau dicampur dengan pupuk (urea, NPK, rock phosphate, dsb.).


SPESIFIKASI :

Bentuk (Appearance) : Tepung/Kristal/Granular (Powder/Crystal/Granular)
Warna (Color) : Hitam (Black)
Bau (Odor) : Normal
Berat Jenis (Density) : 0,640 kg/L
Kadar Air (Moisture Content) : 10 %

Asam Humat (Soluble Humic Acid) : 87 %
Karbon Organic (Organic Carbon) : 66 %
Kalium (Potassium) - K2O : 11,5 %
Nitrogen (Nitrogen) - N : 0,45 %
Posfor (Phosphorus) - P2O5 : 0,15 %

Besi (Iron) - Fe : 0,50 %
Kalsium (Calcium) - Ca : 0,10 %
Magnesium (Magnesium) - Mg : 0,10 %
Sulfur (Sulphur) - S : 0,20 %

Kapasitas Tukar Kation : 500 - 700 meq/100 g
(Cation Exchange Capacity)
pH (1% larutan / solution) : 8 -9
(10% larutan / solution) : 10 -11
Auksin & Hara Mikro Aktif : 1,40 %
(Auxin & Active Trace Elements)

8 comments:

  1. good product... klo bole tau brapa harga per-kg nya?

    Kami jg memproduksi humate cair produksi Indonesia,, merupakan hasil riset pakar humate IPB.
    Kualiitas humate kami bersaing dengan produk eksport, bahkan diatas kualitas humate produk Australia dan Malaysia bahkan China.
    Mungkin anda berminat sebagai distributor produk kami
    http://pupukhumate.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakh fulvid acid bisa dikonsumsi manusia...minta info jells email danangspeed21@yahoo.com,,mkash

      Delete
    2. apakh fulvid acid bisa dikonsumsi manusia...minta info jells email danangspeed21@yahoo.com,,mkash

      Delete
  2. wah ini barang bagus, bagaimana saya bisa peroleh humic acid ini ? berapa harganya..? bagaimana caranya....?

    saya bernama Ismet saleh
    email : ismit@isp.indokom.co.id atau ismit_saleh@yahoo.co.id
    @salam

    ReplyDelete
  3. Bagaimana mengetahui spesifikasi asam humat seperti disebutkan diatas, misalnya Asam Humat (Soluble Humic Acid) : 87 %, apakah ada cara uji kimia secara laboratorium, bilamana ada mohon info

    ReplyDelete
  4. penguiannya banyak cara.. salah satu nya menggunakan uji spektrograph untuk lebih detilnya silahkan kirim email ke taruna@humika.co.id

    ReplyDelete
  5. asam humat memang banyak keuntungannya, namun apa kerugian yang ditimbulkan dari penggunaan asam humat ini mohon dibalas ke 011100294.pandu@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Hello friend!
    This acid is a supplement for soil and therefore helps provide many benefits. When you supplement soil you will make it softer and also healthier.

    Thanks........
    Humic Acid

    ReplyDelete